Senin, 21 Maret 2011

bahagia dengan berbagi

kalau sudah datang inginnya, apapun akan ditempuh demi memenuhi keinginan tersebut, tak terkecuali membeli dvd bajakan. ya, karena sedang ingin menonton beberapa film bertema petualangan, aku rela mengelilingi tempat-tempat yang khusus berjualan dvd bajakan. dan entah memang sudah jodohnya, hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk mendapatkan beberapa judul film yang ingin kutonton tersebut. vertical limit, north face, into the wild, dan yang paling anyar 127 hours.

kenapa empat judul film tersebut? karena di keempat film tersebut terdapat pesan mengenai pengorbanan. memang, di film bergenre yang lain pun akan kita temukan pesan seperti itu. namun aku memang cenderung menyukai film-film bertemakan petualangan ketimbang aksi heroik yang dipenuhi adegan kekerasan, perkelahian, desingan peluru, ledakan dimana-mana, dan bla bla bla bla. selain itu drama yang disajikan pun lebih mengena jika dibalut dengan latar petualangan. karena yang kutahu, berpetualang salah satunya adalah untuk menumbuhkan empati kita terhadap orang lain. dengan berpetualang, kita keluar dari zona nyaman. kita merasakan kesusahan. uniknya, jika kita berpetualang secara berkelompok, kita akan mengetahui sifat asli dari masing-masing anggota. sifat egois, manja, penakut, mudah panik, dan sebagainya akan keluar dengan sendirinya.

dan salah satu sifat yang akan muncul dari seseorang adalah rela berkorban. pengorbanan yang dilakukan itu bermacam-macam bentuknya. dari yang berupa berkorban secara materi hingga mengorbankan dirinya untuk orang lain. luka di tubuh yang mengakibatkan cacat seumur hidup bahkan kematian adalah konsekuensi logis dari pengorbanan tersebut. hal tersebut itulah yang selalu membuatku berdecak kagum. berkorban untuk orang lain adalah suatu hal yang mahal menurutku. terlebih jika membandingkannya dengan kehidupan masyarakat perkotaan yang cenderung individualistik. meskipun aku termasuk bagian dari masyarakat yang hidup di kota, aku tak ingin seperti kebanyakan mereka yang individualistik. aku ingin selalu berbagi. memberikan apa yang kupunya untuk orang lain. walau kecil, semoga bermakna. mampu membuat orang lain tersenyum karena kita membantunya meringankan beban yang sedang dipikulnya adalah kebahagiaan tersendiri buatku. dan aku ingin selalu begitu.


- semakin ketagihan untuk hunting film bertemakan petualangan -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar